Friday, May 17, 2013

Marketing: Penggunaan Paranormal & Dunia Lain…


Inovatif! Pemikiran inilah yang pertama kali muncul di benak saya ketika saya ditawarkan produk ini oleh seorang pedagang upakara di Pura. Produk dupa yang isinya hanya 10 batang dijual dengan harga Rp 12.000. What an expensive price for such product! 10 batang dupa harum biasanya dijual Rp 1000 aja loo!! Namun buktinya dupa ini laku bahkan dupa ini saya peroleh di Pura Aditya Jaya Rawamangun yang berlokasi di Jakarta. Wow,  Bali jadi exportir dupa men... ^_^


Mengapa produk ini laku dipasaran? Apa karena kemasan yang menarik, produknya berkualitas, sedang ngetren,  dupanya harum, atau memang karena merk nya sudah oke punya. Hahahaha, tidak satupun dari itu,  melainkan adalah karena produk ini memiliki added value yang disebut dengan SUGESTI. Mari kita telusuri masing-masing added value tersebut.



Gambar "rerajahan" untuk memberikan kesan khusus
Coba perhatikan lambang yang digunakan di kemasan bagian depan, menurut saya kemungkinan besar itu adalah gambar "rerajahan". Rerajahan adalah suatu bentuk yang dibuat di atas benda tertentu dengan tujuan memberikan kekuatan supranatural kepada benda tersebut (dari berbagai sumber, CMIIW). Nah dengan adanya rerajahan ini bisa dilihat bahwa dari awal produsen sudah mencoba untuk memberikan sugesti visual bahwa dupa ini memiliki khasiat unik dan magis. Ditambah lagi dengan pilihan warna hitam dan motif poleng (baca: hitam putih) di bagian bawah kemasan yang menambah kesan mistis.. Hhiiiiiii ko jadi merinding sendiri nihh.


Informasi khasiat produk yang tidak biasa
Di bagian belakang kemasan terdapat informasi yang benar-benar to the point lahh. Baca & liat aje sendiri di gambar paling atas yaa,  ga perlu saya jelasin deh nanti merinding sendiri ketika menuliskan khasiatnya -_-…Lalu ada kata pamungkas yang ditulis dengan huruf besar dan font dengan ukuran paling besar diantara kata lainnya,  yaitu PASUPATI. Kalau anda seorang balinese,  menyukai budaya jawa kuno,  ataupun suka membaca cerita pewayangan seperti Mahabrata maka anda pasti tidak asing dengan kata Pasupati.

Budaya, kepercayaan, dan produk
Dalam budaya Bali Upacara Pasupati bermakna pemujaan memohon berkah kepada Hyang Widhi (Sang Hyang Pasupati) untuk dapat menghidupkan dan memberikan kekuatan magis terhadap benda-benda tertentu yang akan dikeramatkan. Dalam kepercayaan umat Hindu (ajaran Sanatana Dharma) di Bali, upacara Pasupati merupakan bagian dan upacara Dewa Yadnya. Proses pasupati bisa dengan hanya mengisi energi atau kekuatan tuhan atau menstanakan sumber kekuatan tertentu di dalam benda tersebut. Tergantung kemampuan orang yang melakukan upacara pasupati tersebut (cakepane.blogspot.com).




Upaya yang tidak biasa dengan produk yang biasa
Last but not least,  apapun interpretasinya, produsen sudah berusaha melakukan upaya yang tak biasa dengan produk yang biasa. Memberikan nilai tambah yang tak biasa dengan segmen pasar yang khusus dan tak biasa. Harganya pun menjadi melambung tinggi karena adanya inovasi yang tak biasa ini. Akhir kata,  salut buat salah satu produsen yang kreatif ini dan sekali lagi terbukti bahwa jika ingin menjadi orang Bali yang sukses dan menetap di Bali maka buatlah usaha yang berbasis budaya lokal. Karena saya yakin se-modern apapun Bali, budayanya tidak akan pernah punah.








*Tulisan ini dibuat di dalam busway ketika perjalanan pulang Tj Priok - Bogor #17may13



1 comment:

  1. Assalamualaikum senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini. barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan. Sebulan yang lalu perusaan percetakan saya dirundung hutang yang cukup besar. Hal itu di akibatkan melonjaknya harga kertas dan tenaga upah yang harus saya bayar kepada para karyawan saya. Sementara itu beberapa tender yang nilainya cukup besar gagal saya menangkan. Akibatnya saya harus menjaminkan mobil saya saya untuk meminjam hutang dari bank. Namun hal itu belum cukup menutup devisit perusaan. Bahkan pada akhirnya rumah beserta isinya sempat saya jaminkan pula untuk menutup semua beban hutang yang sedang dilanda perusaan. Masalah yang begitu berat bukan mendapat support dari istri justru malah membuat saya bersedih bahkan sikapnya sesekali menunjukan rasa kecewa. Hal itu di sebabkan semua perhiasan yang sempat saya hadiahkan padanya turut saya gadikan. Disaat itulah saya sempat membaca beberapa situs yang bercerita tentang solusi pesugihan putih tanpa tumbal dan akhirnya saya bertemu dengan Kyai Sukmo Joyo. Kata pak Kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 5milyar dengan tumbal hewan. Tanpa pikir panjang semua petunjuk pak.kyai saya ikuti dan hanya 1 hari. Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya. Perlahan hutang-hutang saya mulai saya lunasi. Perhiasan istri saya yang sempat saya gadaikan kini saya ganti dengan yang lebih bagus dan lebih mahal harganya. Dan yang paling penting bisnis keluarga yang saya warisi tidak jadi koleps. Jika ingin seperti saya. Saya menyarankan untuk menghubungi kyai sukmo joyo di 0823.9998.5954 situsnya www.sukmo-joyo.blogspot.co.id agar di berikan arahan

    ReplyDelete