Tuesday, July 31, 2012

DESAIN LOKASI JASA PENCUCIAN MOTOR YANG RAMAH LINGKUNGAN


DESAIN LOKASI JASA PENCUCIAN MOTOR YANG RAMAH 
LINGKUNGAN DENGAN PENAMBAHAN ALAT PENYARING LIMBAH
Coba kita simak setiap hari pasti jasa pencucian motor di Indonesia ini tidak pernah sepi. Selalu saja ada pelanggan bahkan seringkali mengantri antara 30 menit – 1 jam. Hal ini terjadi karena pengguna sepeda motor di Indonesia sangatlah banyak, mungkin hampir sama ataupun lebih dari jumlah penduduk Indonesia. Tak heran bila jasa pencucian sepeda motor selalu ramai setiap hari. Roda ekonomi pun berputar dengan pesatnya, mulai dari tukang cuci, penyedia sabun cuci, dan pemilik lokasi cuci motor kebagian dollar J.
Namun, ada satu hal terlewatkan. Lingkungan kita kebagian limbahnya, kebagian limbah sabun hasil mencuci motor. Beberapa puluh tahun kemudian anak cucu kita yang menanggung dosa kita.
Untuk itu marilah berpikir bersama mengenai judul artikel ini. Desain lokasi jasa pencucian motor yang ramah lingkungan. Aliran air bekas cucian motor tidak langsung dibuang ke selokan namun ditampung dulu untuk diolah. Saya yakin ada teknologi pengolahan sederhana yang bisa diaplikasikan untuk hal ini.
Sekian dulu untuk artikel ini, selanjutnya akan dibahas cost benefit analysis dari aplikasi ide ini dan bagaimana cara mengubah paradigma masyarakat sehingga mau membayar lebih untuk jasa pencucian motor yang ramah lingkungan.
THIS IS NOT JUST AN IDEA, ITS SIMPLE AND APLICABLE
PERUBAHAN BELUM TENTU MENGHASILKAN KEMAJUAN
TAPI TANPA PERUBAHAN KITA TIDAK AKAN MENUJU PEMBAHARUAN
Cheerrss…

No comments:

Post a Comment